Skip to Content

Waspadai Penyakit Yang Sering Muncul Setelah Lebaran

Waspadai Penyakit Yang Sering Muncul Setelah Lebaran

Closed
by Juni 15, 2018 PENGETAHUAN

Newsterpercaya,- Makanan dengan jumlah banyak dan pastinya enak saat merayakan Idul Fitri kadang membuat kalap. Tapi, dibalik kenikmatan dari hidangan lebaran patut diwaspadai juga berbagai macam penyakit ringan hingga berat yang dapat muncul kapan saja.

” Biasanya penyakit khas sesudah lebaran dikarenakan menu makan yang kebanyakan dan lebih didominasi dengan daging , santan, gula, dan jeroan.” Ucap Rosye Arosdiani yang merupakan Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kota Bandung.

Rosye juga mengatakan jika kebiasaan masyarakat saat lebaran sangat jarang menyajikan makanan sayuran dan juga buah-buahan. Tentu ini sangat berpengaruh pada kondisi tubuh yang baru selesai berpuasa hingga 1 bulan.

Penyakit yang biasa muncul adalah gangguan pencernaan. Sebab disaat anda berpuasa, pola makan anda tidak berlebihan dan teratur. Sementara saat hari lebaran pola makan anda akan berubah dratis.

“Biasanya perut akan kaget karena segala jenis makanan dimasukkan. Belum lagi ada makanan sisa yang dihangatkan berhari-hari. Tentu dapat mengakibatkan diare,” Kata Royse Arosdiani

Penyakit hipertensi juga dapat terjadi karena banyak mengkonsumsi lemak dan santan. Atau penyakit lainnya seperti diabetes karena kebanyakan mengkonsumsi sesuatu yang manis.

” Biasannya tensi akan langsung tinggi, dan bisa jadi pusing. Atau bisa juga karena pengaruh cuaca sehingga bisa menyebabkan batuk dan pilek setelah lebaran,” ucapnya lagi.

Ia berharap saat momen lebaran seluruh masyarakat tetap memperhatikan asupan agar tak menggangu kesehatan selama hari lebaran.
Dia hanya menyarankan cukup dengan mengkonsumsi buah dan sayuran, serta banyak meminum air putih.

Saat lebaran harus menjaga fisik juga dengan berolahraga, karena kesehatan tidak kalah pentingnya. Jika kondisi tubuh kurang fit maka otomatis kita tidak bisa melakukan berbagai hal saat liburan panjang.

Royse Arosdiani juga mengingatkan istirahat yang cukup selama 6 – 8 jam perhari. Jika telah merasa kurang enak badan, bisa segera ke klinik terdekat dan jangan sampai menunda-nunda.

Previous
Next